aku cuma mau share aja nih, tentang pengalamanku dalam ikhtiar di berbagai lowongan cpns beberapa instansi pemerintah beberapa tahun lalu.

Awalnya sih, sehabis lulus kuliah, waktu masih fresh2nya, sama sekali di pikiran ga pernah terbesit untuk mencoba peruntungan jadi PNS. Mimpiku dulu adalah menjadi karyawan swasta dari perusahaan maju yg bonafit. 100% ngga pernah terbayang menjadi PNS.

Namun setalah aku ngerasain juga susahnya cari kerja, apalgi di perusahaan2 yg udah maju, dan kebetulan saat itu pasca aku lulus kuliah, sedang banjir2nya pembukaan lowongan CPNS di berbagai departemen, akhirnya daripada mubazir,,, aku coba juga bersaing dengan puluhan juta pelamar. Pikirku saat itu adalah…. aku ngga pernah tau dimana rejekiku, kita sebagai manusia, hanya bisa ikhtiar untuk menjemputnya. Allah pasti dah siapin yg terbaik, tapi ya mesti usaha dulu untuk ngedapetinnya. Dan aku yakin, klo emang udah rejeki kita, pasti ngga akan nyasar ke orang lain. So, apa salahnya mencoba tes CPNS, siapa tau rezeki.

Meskipun, saat itu banyak juga orang2 di luar termasuk temen2 ku sendiri yg pesimis banget dengan lowongan cpns tersebut. Suara2 sumbing tentang proses perekrutan CPNS pun hampir saja mematahkan semangatku untuk terus berikhtiar. Tapi, aku ga mau deskripsiin omongan2 & pikiran minus org2 saat itu di blog ini ah…ttg  lowongan CPNS. Karena aku ngga mau membuat temen2 yg baca ini jadi pesimis dan berpikiran jelek duluan sebelum bener2 bertanding bersaing dengan jutaan pelamar yg lain. So, Jalan terus Maju terrus Pantang mundur!!!! karena sekali lagi, siapa tau bagian rejeki kita ada disana. Kalopun ngga, itung2 pengalaman ikut tes dan yakin deh ngga ada ruginya, selama kita berniat baik untuk mencari kerja sebagai pegangan hidup menafkahi keluarga, orangtua yg semakin tua atau adik2 yg masih sekolah, Insya Allah semuanya bernilai ibadah di mata Allah.

Memang sih, ada benernya juga suara2/ opini2 minus tsb, tapi ngga semuanya koq. Suer bin Asli !!!

Buktinya: aku. Alhmadulillah pasca  3 bulan lulus kuliah, aku lulus tes cpns di salah satu instansi pemerintah. Lulus dengan jalan yg HALAL. bersih tanpa KKN. Ngga ada main sogok2an, apalgi pake duit yg berpuluh2 juta seperti kebanyakan orang beranggapan. 100% Murni karena usahaku sendiri. Ngga ada tuh aku punya kerabat seorang pejabat di instansi yg aku kerja sekarang,  jadi ga ada orang dalem yg bantu aku. Tapi,,,,, ada yg sungguh bantu dan jadi penolong aku banget. yaitu Allah SWT.

Sebelumnya aku udah ikutan beberapa kali tes cpns instansi2 lain, tapi ga lolos. Dan akhirnya aku berhasil di tes cpns yg ke-5 kalinya aku ikut. Dan itu semua, karena karunia dan pertolongan dari Allah SWT. Memang sih, aku usaha keras mati2an, sampe beli buku khusus tentang soal2 cpns yg dah ada kunci jawaban dan pembahasannya. Terus aku juga rajin download soal2 cpns di internet. Sampe materi2 tentang ekonomi, sejarah, pancasila, aku pelajari lagi ulang via internet dan buku. Soal2 yg aku dapat semua itu aku kerjain dengan waktu yg singkat sebagaimana tes aslinya. (tapi ga semua soal sih aku kerjain). Yah….pokoknya emang niat banget deh. Tapi menurutku sih, emang kudu harus diniatin. krn klo ngga, jalaninnya pasti akan setengah2. ga total. apalagi klo terpengaruh dengan opini2 negatif dari pihak2 luar, waah….. klo terpengaruh, semangat tinggi dan niat bulat yg udah dicamkan dalam hati, bisa2 jadi luntur. aku berbicara ini karena beberapa temanku ada juga yg terpancing hal negatif itu hingga dia pesimis sendiri dan usahanya pun minim2 saja.

Sebenernya klo aku pikir2, usaha yg aku lakukan dulu juga rasanya ngga ada apa2nya juga deh. karena saat itu merasanya banyak hal yg belum dipersiapkan dengan baik dan maksimal. Dan waktu aku ikut tes yg akhirnya berhasil itu, sebetulnya aku juga kurg yakin dg jawaban2 ku sendiri. karena dalam waktu yg singkat, banyak soal yg harus diselesaikan. strict banget. Jadi aku pikir, pertolongan Allah jauh lebih besar daripada usahaku yg ga ada apa2nya.

TErus,,, jangan lupa berdoa. Doa itu bisa jadi sumber kekuatan. apalagi sekarang sedang bulan Ramadhan. Insya Allah setiap doa akan diijabah oleh Allah. Kesempatan buat teman2 untuk berdoa sekhusyu2nya dan sebanyak2nya. Lalu….. mohon juga untuk didoakan oleh orang lain, atau orang tua terutama Ibu. Doa Ibu itu biasanya manjur lho.

Kemudian, setelah ikhtiar, dan berdoa, serahkan semua hasilnya kepada Allah SWT. Tawakal. Apapun hasilnya itu pasti yg terbaik, dan pasti ada hikmah di baliknya.

Untuk teman2 yg nantinya berhasil lulus, jangan lupa bersyukur. dan untuk teman2 yg belum berhasil, ngga perlu kecil hati. mungkin di tahun depan baru bisa terealisasi, atau mungkin ada jenis pekerjaan lain yg sudah dipersiapkan Allah yg pasti jauh lebih baik. Lagipula, rezeki & karunia Allah bertebaran di muka bumi koq. So, ga harus jadi PNS untuk bisa bahagia. iya ngga?

lagipula, sekarang setelah jadi abdi negara, banyak hal juga yg “abu2” dan yg membuat aku ngerasa kurang nyaman karena ga sesuai dengan idealisme aku. Tapi, meskipun begitu dunia PNS itu harus segera diisi dengan anak2 muda. supaya fresh, supaya ga monoton, supaya ga saklek & kaku dengan paradigma lamanya, supaya mau berubah sehingga  ada perubahan ke arah kebaikan dan supaya Indonesia bisa jauh lebih baik lagi.

Namun, ngga semua senior2/org2 tua itu kolot sih. masih ada juga yg mau berubah dan belajar. Malah ternyata ada juga anak muda yg akhirnya terpengaruh dengan budaya lama di dunia PNS, yg akhirnya cuma MAkanGAjiBUTa, yg pada akhirnya cuma kya sampah yg abis2in duit negara doank. Semoga Allah SWT selalu melindungiku dan terus menuntunku di jalan yg benar. Amiin

Cukup sekian sharing dariku. semoga bermanfaat. 0:58 050909

wallahua’lam

Komentar
  1. sedjatee mengatakan:

    siiipp… insyaAllah, tak semua seleksi CPNS berbau KKN, pake uang sogok, pelicin dan laen-laen… masih banyak juga yang masih menjalani seleksi objektif, dan saya juga termasuk yang merasakan seleksi secara sehat dan kompetitif… salam sukses…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

  2. strez mengatakan:

    salam kenal, blogmu ngembarin aku, huh.. ya semoga Allah selalu di hati, amien.. btw kamu khan udah jadi PNS buka link gak buat daftar yang pakek uang, wakakkakak becanda, tukeran

  3. oktofiana fitri mengatakan:

    gam[pang22 susah,udah registrasi tapi dowload berkas kok ga bisa keluar? terus gi,mana dong? apa yangmau dipostkan….

Tinggalkan Balasan

