tentang MELAMIN

Posted: November 29, 2008 in JuSt sHaRin9
Tag:

Beberapa waktu lalu, kita dihebohkan dengan temuan melamin dalam biskuit kongguan yang kita tau itu made in Indonesia. Berawal dari laporan pihak vietnam yang menemukan adanya melamin dalam kongguan sebesar 25 ppm (kalau ga salah yah, sy ragu jg nulisnya. masa sih sebesar itu). Tapi akhirnya pihak Indonesia, yaitu BPOM sebagai badan yang ditunjuk untuk segera memeriksa apakah temuan tersebut benar adanya. Hasilnya menurut pemeriksaan laboratorium BPOM, cukup melegakan pemerintah indonesia, yaitu negatif. Itu artinya biskuit kongguan yang sudah ada di pasaran luar negeri, dalam hal ini termasuk juga vietnam, tidak perlu ditarik dari pasaran karena sudah terbukti aman dari melamin. Kalau tidak jadi ditarik, itu artinya untung buat pemerintah Indonesia. Tidak kehilangan salah satu sumber devisa pemasukan negara.

Tapi, buat saya pribadi yang cuma masyarakat Indonesia biasa, saya belum cukup lega dengan pemberitaan tersebut. Kenapa?? Karena menurut hemat saya pihak pemerintah tidak menjelaskan sejelas2nya yang dimaksud hasil “Negatif” itu, hingga bisa dikatakan aman. Negatif itu bisa berarti memang hasil nilainya negatif, tidak mengandung melamin sama sekali, sekecil apapun, alias zero melamin. atau negatif yang dimaksud adalah sebenarnya dalam produk tersebut masih mengandung melamin namun dalam kadar yang sangat kecil dan masih dalam batas-batas yang telah distandarkan sehingga dapat dikatakan Negatif, yang kalau istilah di laboratorium tidak teridentifikasi sehingga bisa disebut aman. Jadi, yang mana maksud pengertian pemerintah????

Kenapa saya mempermasalahkan ini? Karena sepengetahuan saya ada laboratorium pemerintah yang juga melakukan pengujian pada biskuit kongguan, yang hasilnya ternyata menunjukkan bahwa kongguan mengandung melamin. Pengujian melamin tersebut dilakukan baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Sayangnya saya lupa berapa kadar melamin tepatnya yang terkandung dalam kongguan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan di lab tersebut. Yang pasti jauh dibawah hasil temuan pihak vietnam. Hanya nol koma-an. Namun, entah mengapa pihak lab tersebut menginformasikan kepada pihak-pihak lain yang terkait, bahwa hasilnya adalah negatif. Awalnya saya tidak habis pikir mengapa informasinya tidak transparan. Jelas-jelas ini merugikan masyarakat sebagai konsumen. Tetapi, saya juga tidak dapat membayangkan kalau saja kongguan harus ditarik dari pasaran dalam dan luar negeri, berapa besar rugi yang akan ditanggung oleh pemerintah. Menurut saya, bahan pangan idealnya zero melamin, bebas melamin sekecil apapun. karena melamin bukan zat penambah pangan seperti natrium benzoat yang sebagai zat pengawet pangan. Senyawa melamin berbahaya bagi tubuh, sekecil apapun, tidakkah akan terakumulasi dalam tubuh?? (tentang ini saya harus cari sumber2 informasi terpercaya dulu).

Usut punya usut ternyata mengapa pihak lab (katakanlah lab xxx), berani mmengeluarkan pernyataan bahwa hasil yang diperoleh adalah negatif, yaitu berdasarkan aturan standar dari FDA, Food and Drug Administration. Bahwa FDA masih menoleransi keberadaan melamin di bawah 1 mg/kg (1 ppm) untuk balita dan 2 mg/kg (2 ppm) untuk orang dewasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s